Wah, Ilmuwan Bikin Jubah ‘Mata-mata’ Canggih


Headline

Washington – Kekuatan tak kasat mata akan segera menjadi kenyataan. Peneliti di Spanyol berhasil mengembangkan jubah ‘mata-mata’ yang mampu menyembunyikan obyek.

Menurut laporan ScienceNOW, peneliti ini berhasil membuat jubah ‘antimagnet’ untuk menyembunyikan obyek dari meda magnet.

Menurut artikel yang diterbitkan di New Journal of Physics, perangkat baru ini memungkinkan ‘mematikan’ interaksi magnetik bahan magnetik yang ada pada medan magnet tanpa harus memodifikasinya.

Saat ini, jubah ini masih dalam tahap konsep. Namun jika benar dikembangkan, jubah ini bisa membuka banyak keuntungan medis. Berkat jubah ini, pasien tak lagi terancam saat menggunakan MRI.

Jubah ini juga bisa digunakan untuk militer. Kapal militer yang menggunakan teknologi ini bisa menghindari ranjau yang dirancang meledak saat medan magnet terdeteksi. Namun seperti pisau bermata dua, perangkat baru ini juga bisa membahayakan.

Pasalnya, jubah ini bisa membantu para criminal menembus keamanan bendara dan kedutaan karena bisa membuat bom yang mereka bawa tak terdeteksi. Di sisi lain, teoris John Pendry dari Imperial College London dan profesor materi sains MIT Caroline Ross meragukan teknologi ini.

“Jubah ini bisa bekerja di komputer, namun untuk bisa bekerja di dunia nyata masih diragukan,” ujarnya seperti dikutip HuffPost. [mor]

Sumber: inilah.com

Advertisements

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda -------@:TBMStudio

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s